Jumat , 24 September 2021
Home / Berita / Pelepasan Mahasiswa Kampus Merdeka Belajar Periode ke -2
poto pembimbing

Pelepasan Mahasiswa Kampus Merdeka Belajar Periode ke -2

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pelepasan Mahasiswa Kampus Merdeka Belajar Periode ke -2 di Kantor Dinas Pendidikan Kota Bengkulu yang di lepas langsung ke 25 sekolah kota Bengkulu yang masih memiliki Akreditasi C, Senin 2 Agustus 2021.
Ada 25 dosen, masing- masing dosen membimbing 5-6 mahasiswa yang akan di terjunkan ke masing masing sekolah SD SMP yang ada di Kota Bengkulu.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim kembali meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar untuk lingkup perguruan tinggi dengan tajuk “Kampus Merdeka.

Merdeka Belajar – Kampus Merdeka merupakan salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem. Salah satu program dari kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka adalah Hak Belajar Tiga Semester di Luar Program Studi. Program tersebut merupakan amanah dari berbagai regulasi/landasan hukum pendidikan tinggi dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran dan lulusan pendidikan tinggi.

Program utama yaitu: kemudahan pembukaan program studi baru, perubahan sistem akreditasi perguruan tinggi, kemudahan perguruan tinggi negeri menjadi PTN berbadan hukum, dan hak belajar tiga semester di luar program studi. Mahasiswa diberikan kebebasan mengambil SKS di luar program studi, tiga semester yang di maksud berupa 1 semester kesempatan mengambil mata kuliah di luar program studi dan 2 semester melaksanakan aktivitas pembelajaran di luar perguruan tinggi.


150 mahasiswa yang di pilih terdiri dari empat perguruan tinggi. Universitas Bengkulu, Universitas Muhammadyah Bengkulu. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Negeri Padang.
Mahasiswa di tugaskan langsung dari Kemendikbud untuk sekolah-sekolah pinggiran, sekolah yang masih memiliki Akreditasi rendah dan sekolah yang kekurangan tenaga pengajar. Agar mereka setara dengan sekolah sekolah yang lain.
Pelaksanaan Kampus Merdeka Belajar berlangsung selama kurang lebih 4 bulan.
Proses pembelajaran langsung dari kemampuan dan keahlian mahasiswa artinya mahasiswa menerapkan pembelajaran ke siswa bukan dari buku kurikulum yang sudah ada di sekolah melainkan mahasiswa sendiri yang mengadakan pembelajaran sesuai kemampuan dan bidang keahlian mahasiswa tersebut.

 

 

 

About sherli henika

Check Also

Sertijab Kepala Sekolah SDN 37 Kota Bengkulu

Spread the love       Serah terima jabatan kepala Plh.Sekolah di hadiri oleh Kasubbag umum Nopian Susanto, S.Kom …