Selasa , 30 November 2021
Home / Berita / Kunjungan Perdana Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu ke Sekolah yang Melaksanakan Simulasi ANBK

Kunjungan Perdana Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu ke Sekolah yang Melaksanakan Simulasi ANBK

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Drs. Sehmi, M. Pd melakukan kunjungan perdana ke sekolah-sekolah yang ada di kota Bengkulu selain sekolah yang terkena banjir, dan sekarang melakukan pemantauan Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di sekolah SD Negeri 7 Kota Bengkulu pada Jum’at 22 Oktober 2021.

Pemantauan Simulasi ANBK ini bertujuan untuk memastikan apakah selama pelaksanaan simulasi terjadi beberapa kendala baik dari sarana maupun prasarana Simulasi ANBK yang sedang berlangsung.

Yang mana ANBK ini adalah evaluasi yang di selenggarakan oleh kementrian Pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud)  yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan setelah diadakan pelaksanaan ANBK maka akan terlihat sekolah-sekolah yang memiliki beberapa kekurangan potret sekolah tersebut seperti dalam proses pembelajaran ataupun penambahan pembinaan kepada guru-guru di sekolah, dan akan mematau langsung kemampuan dalam pengenalan dan penggunaan IT bagi siswa di satuan pendidikan.

Saat pemantauan Sehmi tanyakan berapa sarana dan prasarana dari laptop hingga jaringan ia juga tanyakan apakah ada kendala dalam menghadapi simulasi dari sesi pertama hingga sesi ke 2.

Merdeka belajar adalah kebijakan besar dalam rangka mewujudkan transformasi pengelolaan pendidikan di Indonesia. Salah satunya dengan menghapus Ujian Nasional (UN) diganti Asesmen Kompetensi. Asesmen nasional sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.

“Sejauh ini pelaksanaan simulasi berjalan dengan lancar dan tidak memiliki kendala sarana prasarana dari jaringan hingga komputer hanya saja memiliki sedikit keterlambatan jaringan WiFi itu hal biasa tergantung banyaknya pemakaian dan semua yang menjadi calon asesmen kita ikut sertakan namun di bagi menjadi 2 sesi pelaksanaan simulasi, karna sarana dan prasarana kita terbatas hanya memiliki 15 unit laptop, laptop dari sekolah 6 unit sisanya laptop pribadi dewan guru dibantu juga dengan 3 unit Chromebook bantuan dari Kemendikbud” Sampai Eka proktor simulasi ANBK SDN 7 Kota Bengkulu.

Setelah melakukan pemantauan ANBK Sehmi sempatkan untuk melakukan survei lingkungan pembelajaran di SDN 7 Kota Bengkulu  di dampingi langsung oleh kepala sekolah dan dewan guru SDN 7, mulai dari pemantauan kesiapan pelaksanaan PTM, seperti tempat cuci tangan siswa maupun guru, jarak tempat duduk siswa, kantin hingga toilet siswa. “Sejauh ini kelengkapan dan kesiapan lingkungan pembelajaran sudah cukup layak tinggal sedikit memerlukan perbaikan seperti pembangunan kantin itu akan kita koordinasikan ulang” sampai Sehmi.

“Ada Delapan (8) sekolah Negeri dan Swasta yang sedang melaksanakan simulasi ANBK pada hari ini pemantauan dari beberapa sekolah yang telah di lakukan   langsung oleh kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu hingga saat ini tidak ada kendala hanya saja ada 1 sampai 2 komputer saja yang masih membutuhkan penanganan khusus karna spesifikasi laptop tersebut tidak mendukung untuk di lakukan simulasi ANBK namun pihak diknas sudah mengambil kebijakan untuk menggantikan laptop dewan guru  untuk di gunakan saat simulasi ANBK berlangsung. “Huteman melaporkan selaku ketua ANBK

About sherli henika

Check Also

Sosialisasi Peningkatan Keindahan Taman Sekolah

Spread the love        Kunjungan dari sekolah alam Bengkulu melalui kepala yayasan Mahira SD, SMP Mahira …