Kamis , 28 Oktober 2021
Home / Berita / Penyuluhan Penerangan Hukum Tentang Mewaspadai Sumbangan Rasa Pungutan (PUNGLI) di sekolah

Penyuluhan Penerangan Hukum Tentang Mewaspadai Sumbangan Rasa Pungutan (PUNGLI) di sekolah

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Penyuluhan Penerangan Hukum tentang Mewaspadai Sumbangan Rasa Pungutan (PUNGLI) di sekolah oleh Intelijen Kejaksaan Negeri Bengkulu melalui Bidang Dikdas Dinas Pendidikan Kota Bengkulu

Sosialisasi yang di hadiri oleh kepala sekolah dan ketua komite SD dan SMP Kota Bengkulu di gelar di Aula Bawah Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Kamis 07 Oktober 2021.

Bahwa untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan perlu dilakukan revitalisasi tugas komite sekolah berdasarkan prinsip gotong royong berdasarkan peningkatan mutu layanan pendidikan perlu menetapkan peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang komite sekolah.

Larangan komite sekolah terdiri dari menjual buku pelajaran bahan ajar perlengkapan bahan ajar pakaian seragam atau bahan pakaian seragam di sekolah
Melakukan pungutan dari peserta didik atau orang tua wali nya
Mencederai integritas evaluasi hasil belajar peserta didik secara langsung atau tidak langsung integritas seleksi penerimaan peserta didik baru secara langsung atau tidak langsung. Mengambil atau menyiasati keuntungan ekonomi dari pelaksanaan kedudukan tugas dan fungsi komite sekolah.
Memanfaatkan aset sekolah untuk kepentingan pribadi atau kelompok melakukan kegiatan politik praktis di sekolah, mengambil keputusan atau tindakan melebihi kedudukan, tugas dan fungsi komite sekolah.

Komite sekolah wajib menyampaikan laporan kepada orang tua atau wali peserta didik, masyarakat dan kepala sekolah melalui pertemuan berkala paling sedikit 1 kali dalam 1 semester.

Adapun laporan terdiri dari laporan kegiatan komite sekolah laporan hasil perolehan penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya dari masyarakat.

“Deni Wijaya menjelaskan tujuan di adakan Penyuluhan penerangan Hukum hari ini adalah Untuk kesiapan sekolah dalam menjalankan program sekolah yang tidak dapat di biayai oleh negara dengan adanya komite yang berperan di sekolah yaitu untuk mensupport setiap program sekolah yang tidak terlaksana dengan baik, diharapkan untuk sekolah dan komite agar dapat bekerjasama dengan baik serta dapat menghasilkan pelajar yang kondusif” Sampainya.

” Untuk seluruh komite agar lebih aspiratif dan saling berkomunikasi tentang apa kebutuhan sekolah sehingga Apapun yang menjadi kebutuhan sekolah, dan dapat diterapkan penggalangan dana dengan sumbangan bukan dengan menetapkan uang komite sekolah Sampai Deni Wijaya.S.Hm saat di wawancarai.

About sherli henika

Check Also

Sosialisasi Bantuan Operasional Pendidikan BOP Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Bengkulu Tahun 2021 Tahap 2

Spread the love       Kegiatan sosialisasi Bantuan Operasional pendidikan bop tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) Kota …