Jumat , 24 September 2021
Home / Kegiatan / Plt Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi Resmikan Pembukaan Pagelaran Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) di Hotel ADEEVA Bengkulu

Plt Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi Resmikan Pembukaan Pagelaran Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) di Hotel ADEEVA Bengkulu

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pembukaan Pagelaran Pekan Kebudayaan Daerah Bengkulu 2020 Oleh Plt Walikota Bengkulu
Yang menampilkan pagelaran seni mahasiswa ISI Padang Panjang Sumatra Barat, permainan rakyat ikan-ikan sanggar gema ASYURA/RMC Lagu Daerah Anak Lumang oleh Cinta Pratama Putri, Ciptaan M.Rais Muhktar. Jum’at 06 November 2020.

 

PKD yang dihadiri oleh Plt walikota, ka.Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Rektor ISI dan wakil dekan ISI, Kadis Disdik Rejang Lebong, Ketua Dewan Kesenian dan semua tim kesenian kota bengkulu.

Pertunjukan acara yang di isi oleh beberapa Kabupaten dan Kota yaitu Tari dan Musik tradisional kesenian,  musik Dool “Betimo Lagak Belanag” dan Sanggar Seni Tradisi dan Sarafal Anam Ratu Agung (Sentra) “Tari Kain Panjang”Dari Kota Bengkulu,.Kab.Kaur Sanggar seni seroja Lestari “Tari Rentak Semulen”. Muko-Muko, Komunitas kec. Air Dikit “Suah Suah Jalan Babiduk”. Seluma Sanggar Seni Seraso Seijoan tari “Memanjo”. Kaur, Musium Percussion “Begadisan”.Kepahyang, Tristika Kepahyang “Sauk Seluang”, Bengkulu Tengah Sanggar Tari Mudah Bercarika “Ngindung Pinggan”, Bengkulu Selatan Sanggar Tari Gema Serunai “Tari Anjun”

“Kegiatan ini adalah salah satu dasar penentuan kegiatan indonesiana th 2020/2021 yang di percayakan oleh Kota Bengkulu, tetap semangat dan tetap melakukan yang terbaik untuk Seni Daerah Bengkulu yang selalu di berikan support kegiatan dari pemerintahan Kota Bengkulu khusussnya untuk kegiatan kegiatan senibudaya.”ujar Rosmayetti.

Tujuannya saling mendukung untuk meningkatkan rasa kemampuan kita terhadap kekayaan budaya indonesia khususnya Kota Bengkulu dan memperkuat toleransi saling mengenang, melayani, saling berbagi tentang seni dan Budaya Kota Bengkulu, membentuk kebiasaan seluruh ekosistem pengajuan kebudayaan indonesia. Memberikan uang ekspresi seni budaya kepada masyarakat indonesia, dan yang terutama Tetap tunjukan Seni budaya Bengkulu meskipun dalam keadaan Pandemi Covid-19 kita dapat melakukan pertunjukan secara Daring. Kita harus melestarikan dan mempromosikan seni budaya kita dan semua kabupaten kota akan selalu menunjukan dan menampilakn nilai nilai seni dari kabupaten dan kota.

Lomba tari dan musik melalui daring masing masing tradisi secara Daring yang dilaksanakan dari tgl 6 Oktober sampai 22 Oktober, 10 pemenang terbaik Kabupaten dan Kota akan di laksanakan pada tgl 31 Oktober yang nantinya akan menampilkan kreasi kreasi terbaik.

“Ini adalah upaya pemerintahan kota Bengkulu dalam rangka memajukan seni budaya daerah kota Bengkulu dan wujud aksi nyata dari pemerintahan Kota Bengkulu agar memajukan seni budaya Bengkulu. banyak juga respon dari para seniman ucapkan terimahkasi telah mengapresiasi seni dan budaya bengkulu, dan InsyaAllah Tahun 2021 mendatang Bengkulu akan menjadi Tuan Rumah Pekan Budaya tingkat Nasional”ujar Deddy.

About sherli henika

Check Also

Sertijab Kepala Sekolah SDN 37 Kota Bengkulu

Spread the love       Serah terima jabatan kepala Plh.Sekolah di hadiri oleh Kasubbag umum Nopian Susanto, S.Kom …