Jumat , 24 September 2021
Home / Berita / PPDB akan segera dibuka Juni ini Secara Online dan Offline

PPDB akan segera dibuka Juni ini Secara Online dan Offline

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Dinas Pendidikan Kota Bengkulu siap hadapi PPDB Online. Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB secara keseluruhan dilaksanakan dengan sistem online. Hal ini dikarenakan adanya larangan dari pemerintah bagi masyarakat untuk berkumpul di ruang publik untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sementara jika SIAP PPBD dilaksanakan secara offline, kemungkinan besar para orang tua akan berkumpul di sekolah-sekolah untuk mendaftarkan anak-anaknya. Dengan demikian,

sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022. Untuk tingkat SD akan dilakukan secara offline, sedangkan SMP Negeri atau Swasta di Kota Bengkulu dilaksanakan secara online.

Pelaksanan PPDB SD SMP mulai Dimulai

Tanggal 21-23 Juni 2021 Penyerahan berkas offline ke kantor Dinas Pendidikan Kota Bengkulu.

Tanggal 24 -25 Juni 2021 Pengembalian berkas ke calon peserta didik baru.

Tanggal 28-01 Juli 2021 pendaftara PPDB secara online.

Tanggal 05 -10 Juli Daftar Ulang peserta didik baru.

Khususs SD 09 dan SMP 13 berbasis agama dimulai tanggal 21-30 Juni 2021 mendatang.

Pemerintah tetap memilih untuk melaksanakan SIAP PPDB Online di tengah merebaknya pandemi Covid-19. Akan tetapi, pemerintah juga mengeluarkan kebijakan bahwa pelaksanaannya tetap harus mengikuti protokol kesehatan untuk menghidari penyebaran virus Covid-19. Hal tersebut dilakukan guna mendukung kebijakan pemerintah dalam pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai salah satu cara untuk menekan penyebaran Covid-19. Maka dari itu, baik instansi pendidikan hingga calon peserta didik wajib mengikuti protokol yang sudah ditentukan terkait pelaksanaan SIAP PPDB Online 2021.

“Kita telah menetapkan sistem PPBD tahun ajaran tahun 2021/2022 yang akan diadakan pada hari Senin (28/6/2021) hingga Kamis (1/7/2021). Untuk perwal dan petunjuk teknisnya masih dibagian hukum sekretariat Pemkot Bengkulu,” jelas Rosminiarty

Seperti halnya dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru, PPDB tahun 2021/2022 dilaksanakan melalui empat jalur prestasi, mulai dari jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orangtua atau wali dan juga jalur prestasi.

Jalur Pendaftaran SIAP PPDB Online 2021

Dalam Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019, SIAP PPDB Online dilaksanakan melalui 4 jalur dengan alokasi kuota tertentu bagi tiap jalur. Besaran kuota jalur zonasi ditetapkan paling sedikit 50 persen dari daya tampung sekolah. Sementara penerimaan melalui jalur afirmasi dibuka sebesar 15 persen, perpindahan tugas orangtua/wali diberi kuota 5 persen, dan jalur prestasi 30 persen. Berikut syarat dan ketentuan dari setiap jalur.

Jalur Zonasi

  1. Diperuntukkan bagi peserta didik yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang ditetapkan pemerintah daerah.
  2. Kuota jalur zonasi termasuk untuk anak penyandang disabilitas.
  3. Domisili calon peserta didik dibuktikan dengan alamat yang tercantum pada Kartu Keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB Online.
  4. Kartu Keluarga bisa digantikan dengan surat keteranga domisili yang diterbitkan oleh RT atau RW yang kemudian dilegalisir Lurah atau Kepala Desa atau pejabat setempat yang berwenang.
  5. Calon peserta didik tinggal di wilayah domisili dengan jangka waktu paling singkat 1 tahun sejak penerbitan surat keterangan domisili.
  6. Sekolah akan memprioritaskan calon peserta didik dengan Kartu Keluarga atau surat keterangan domisili dalam wilayah kabupaten atau kota yang sama dengan sekolah tujuan.

Jalur Afirmasi

  1. Jalur ini dibuka untuk calon peserta didik dari keluarga ekonomi tidak mampu.
  2. Calon peserta didik harus membuktikan dengan bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat atau daerah.
  3. Calon peserta didik merupakan penduduk yang berdomisili di dalam dan luar zonasi sekolah bersangkutan.
  4. Bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu harus dilengkapi dengan surat pernyataan orang tua atau wali. Surat pernyataan tersebut berisi kesediaan untuk mengikuti proses hukum jika terbukti melakukan pemalsuan bukti keikutsertaan.
  5. Jika ada dugaan memalsukan bukti keikutsertaan yang telah disebutkan, maka wajib melakukan verifikasi data dan lapangan dan menindaklanjuti hasil verifikasi sesuaiketentuan perundang-undangan.

Jalur Perpindahan Tugas Orang tua/wali

  1. Calon peserta didik wajib menyertakan surat penugasan yang diterbitkan oleh instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan tempat orang tua atau wali bekerja sebagai bukti perpindahan tugas.
  2. Anak guru dapat mendaftar melalui jalur ini.

Jalur Prestasi

  1. Jalur ini tidak berlaku untuk pendaftaran jenjang TK dan kelas 1 SD.
  2. Syarat jalur ini ditentukan oleh nilai ujian sekolah atau UN.
  3. Jalur ini juga menerima hasil perlombaan dan/atau penghargaan akademik atau non-akademik tingkat internasional, nasional, provinsi, dan/atau kabupaten/kota.
  4. Bukti prestasi tersebut diterbitkan paling singkat 6 bulan dan paling lama 3 tahun

Cara Mendaftar PPDB Online 2021/2022

Setelah menentukan akan mendaftar melalui jalur mana, pastikan juga bahwa kamu tahu cara mendaftarnya, ya. Berikut adalah tahapan yang harus kamu lalui untuk mendaftar PPDB Online 2021/2022

  1. Kunjungi siap-ppdb.com.
  2. Mengajukan pendaftaran.
  3. Unggah dokumen dan persyaratan.
  4. Verifikasi data dilakukan oleh admin atau operator.
  5. Melihat hasil seleksi.

About sherli henika

Check Also

Sertijab Kepala Sekolah SDN 37 Kota Bengkulu

Spread the love       Serah terima jabatan kepala Plh.Sekolah di hadiri oleh Kasubbag umum Nopian Susanto, S.Kom …