Rabu , 5 Agustus 2020
Home / Berita / PPDB TAHUN AJARAN 2020/2021
Dinas pendidikan kota Bengkulu adakan rapat persiapan PPDB tahun ajaran baru, kepala dinas jelaskan  Terdapat sejumlah jalur yang bisa dilalui dalam Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB 2020

PPDB TAHUN AJARAN 2020/2021

Bengkulu, Kamis 18 Juni 2020

dinas Pendidikan kota Bengkulu adakan Rapat pelaksanaan Penerimaan Peserta Dididk Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021

1. Jalur Zonasi

Jalur zonasi ditetapkan berdasarkan domisili peserta didik dan sekolah. Artinya, sekolah bakal diprioritaskan bagi siswa dengan domisili terdekat.

Ketentuan domisili dibuktikan lewat alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan paling singkat satu tahun sejak pendaftaran PPDB.

Peserta PPDB yang memilih jalur zonasi juga bisa melakukan pendaftaran jalur afirmasi atau jalur prestasi di luar wilayah zonasi domisili.

Tiap sekolah diharuskan menerima paling sedikit 50 persen dari daya tampung melalui jalur zonasi. Penetapan wilayah zonasi dilakukan masing-masing pemerintah daerah.

2. Jalur Afirmasi
Jalur afirmasi diperuntukkan bagi siswa dari keluarga ekonomi tidak mampu. Siswa yang mendaftar lewat jalur ini bisa memilih sekolah di dalam maupun luar wilayah zonasi domisili.

Hal ini dibuktikan melalui keikutsertaan siswa dalam program keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat atau daerah. Orang tua atau wali harus menyertakan surat bersedia diproses hukum jika kedapatan memalsukan bukti.

Untuk itu, sekolah dan pemerintah daerah juga diwajibkan melakukan verifikasi data keikutsertaan dalam program keluarga tidak mampu, dan melihat kondisi keluarga siswa di lapangan.

3. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua atau Wali
Siswa yang mendaftar lewat jalur perpindahan tugas orang tua atau wali harus menyertakan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor atau perusahaan orang tua.
Selain untuk siswa perpindahan orang tua atau wali, jalur ini juga bisa digunakan untuk anak guru.

4. Jalur Prestasi
Jalur prestasi dapat ditempuh menggunakan nilai ujian sekolah atau ujian nasional, dan hasil perlombaan atau penghargaan di bidang akademik atau non akademik.

“Kepada seluruh pengawas untuk dapat mengontrol dan memantau pelaksanaan PPDB,  Seluruh kepala sekolah diharapkan untuk standbay disekolah, tetap ikuti aturan protokol kesehatan selama PPDB”, ujar Rosmayetti.

fb https://www.facebook.com/disdikkotabengkulu/

youtube https://www.youtube.com/disdikkotabengkulu/

email http://disdikbengkulu.com

About sherli henika

Check Also

Disdik Respon Statement yang disampaikan oleh Ketua PGRI

Dinas Pendidikan Kota Bengkulu mengadakan rapat bersama Kepala Sekolah SD/SMP Se-Kota Bengkulu di Aula Disdik …