Kamis , 26 November 2020
Breaking News
Home / Kegiatan / Rapat Anggota MKKS SMP/MTS Kota Bengkulu

Rapat Anggota MKKS SMP/MTS Kota Bengkulu

Kepala Dinas Rosmayetti hadiri rapat MKKS Pada hari Rabu (14/10/2020) di SMP N 4 Kota Bengkulu.

Dalam sambutan kadis sampaikan pembelajaran dan Ujian Nasional tahun ini masih dalam keadaan Daring. karna situasi ini masih dalam keadaan suasana pandemi. dan Ujian Nasional tahun 2020 di tiadakan oleh Kemendikbud dan di ganti dengan Asesmen Kompetensi Minimum AKM yaitu pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang sekolah dasar dan menengah. Asesmen terdiri dari tiga bagian, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Dia menerangkan, AKM adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang sekolah dasar dan menengah. Asesmen terdiri dari tiga bagian, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Mendikbud Nadiem mengatakan Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif, yaitu literasi dan numerasi. Kedua aspek kompetensi minimum itu, kata eks bos Gojek itu, menjadi syarat bagi peserta didik untuk berkontribusi di dalam masyarakat, terlepas dari bidang kerja dan karir yang ingin mereka tekuni di masa depan.

Dengan perubahan UN tahun 2021 kadis tegaskan untuk masing masing sekolah dan murid agar menyiapkan diri untuk AKM mendatang. Kadis juga sampaikan agar masing masing sekolah menyiapkan pembelajaran video interaktif, inovasi dan laporan dak agar segera di selesaikan laporan dak di berikan waktu selama 28 hari.

Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. Solusinya, guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online).

About sherli henika

Check Also

LPMP Adakan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Supervisi Mutu Pendidikan Dalam Bentuk Workshop Di Mercure Hotel Bengkulu

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Supervisi Mutu Pendidikan Dalam Bentuk Workshop tahun 2020 yang berlangsung selama …