Jumat , 24 September 2021
Home / Berita / REVITALISASI KESENIAN BARONG LANDONG BENGKULU MENUJU WARISAN BUDAYA TAK BENDA INDONESIA

REVITALISASI KESENIAN BARONG LANDONG BENGKULU MENUJU WARISAN BUDAYA TAK BENDA INDONESIA

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kabid Kebudayaan Martina Nengsih.M.Pd mengikuti Rapat virtual dengan aplikasi zoom. tampak prof Cecep, Satrial, dan perwakilan dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Membahas tentang Barong landong yang merupakan hasil kajian pengabdian masyarakat dari UI, acara ini langsung di sampaikan oleh ketua UI bapak Cecep, kabid Kebudayaan, mewakili dari bidang kebudayaan Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, juga dari Provinsi ikut mengapresiasi.

Membahas barong landong, banyak masyaakat yang belum mengenal barong landong, apa itu barong landong, barong landong sendiri mirip sekali dengan ondel-ondel,  Siapa yang tidak mengenal Ondel-ondel, kesenian asli Betawi berupa orang-orangan bertubuh tinggi besar serta berpakaian warna-warni. Ternyata kesenian ini tidak hanya ada di Betawi, tapi juga di Bengkulu, namanya Barong Landong.

Seperti yang terlihat pada Pekan Olahraga Tradisional yang digelar di Sport Center Kota Bengkulu. Sekilas tidak ada yang berbeda antara Barong Landong dan Ondel-ondel, namun jika ondel-ondel mengenakan baju ala betawi, kesenian asli lembak ini menggunakan pakaian khas Bengkulu, dengan warna merah dominan.

Menurut Kordinator seni tradisional pormi kota Bengkulu, seni imau lembak, Sam, kesenian Barong Landong bermula dari tradisi masyarakat lembak saat perayaan panen padi. Kalau istilah orang lembak itu orang-orangan atau orang tinggi besar. Awalnya sering diperagakan saat panen padi, sebagai bentuk rasa syukur terhadap hasil panen.

Beberapa tanggapan dan masukan dari masing masing pihak seperti apa tradisi pertunjukan barong landong yang akan di adakan pada tahun 2021 ini, yang mana barong landong akan di lestarikan dan akan di kembangan serta dimanfaatkan.

Pemerintahan kota akan membuat agenda dalam hal pengembangan dan pemanfaatan barong landong, masukan masukan dari pihak lain akan di jadikan reperensi bagi kita dan langka apa yang harus kita ambil.misalnya pengemasan.

Barong landong adalah sebuah penampilan yang merakyat yang di gemari dan disukai oleh generasi muda, melalui binaan sanggar yang exis khusus untuk barong landong, yang di promosikan melalui lembaga-lembaga pendidikan. karna barong landong di mainkan oleh orang dewasa dan bertubu besar, (bukan anak-anak) maka kita akan melibatkan sekolah tingkat SMA/K, mereka akan dikenalkan dengan barong landong, barong landong adalah sebuah icon Bengkulu yang perlu kita angkat dan publikasikan kepada seluru masyarakat setempat, dengan melui media masa dan media social.

“Bagaimana caranya agar kita dapat membuat Masyarakat yang tidak tahu dan tidak mengenal barong landong agar menjadi suka dan menggemari barong landong, dan mengetahui tradisi dari nenek moyang kita, serta menguatkan kota Bengkulu bahwa kota kita penuh dengan tradisi budaya yang sangat di lestarikan”ujar Martina.

 

 

About sherli henika

Check Also

Sertijab Kepala Sekolah SDN 37 Kota Bengkulu

Spread the love       Serah terima jabatan kepala Plh.Sekolah di hadiri oleh Kasubbag umum Nopian Susanto, S.Kom …