Jumat , 24 September 2021
Home / Kegiatan / SDN 74 kota Bengkulu Adakan imunisasi TD dan DD untuk kelas 1.2 dan kelas 5

SDN 74 kota Bengkulu Adakan imunisasi TD dan DD untuk kelas 1.2 dan kelas 5

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kegiatan imunisasi atau vaksin TD dan DD ini di lakukan di Sd N 74 pada hari senin 02/11/2020. vaksin yang di adakan oleh Puskesmas Slebar dan di lakukan oleh Dokter dan paramedis setempat merupakan kegiatan rutinitas yang diadakan 2 kali dalam 1 tahunnya. Gunanya tak lain terutama untuk menjaga kesehatan anak-anak dan melindungi dari penyakit tetanus.

“Vaksin TD. Vaksin TD (tetanus dan difteri) atau TDAP (tetanus, difteri, pertusis) merupakan vaksin lanjutan dan diberikan sebagai dosis keenam dan ketujuh, pada anak yang sebelumnya rutin menerima vaksin DPT atau DPT/Hib di setiap masing masing sekolah, Pemberiannya dilakukan ketika anak berusia 10–12 tahun, dalam kegiatan ini kami mengharuskan anak untuk hadir ke sekolah dengan membagi jadwal dan tetap mengikuti protokol kesehatan, wajib memakai masker, menjaga jarak dan memcuci tangan sebelum melakukan vaksin”ujar Elly kepala sekolah.

Tetanus disebabkan oleh infeksi bakteri Clostridium tetani. Bakteri ini banyak terdapat di tanah, lumpur, dan kotoran hewan atau manusia. Bakteri penyebab tetanus dapat masuk ke dalam tubuh melalui luka atau area terbuka pada kulit, misalnya akibat luka tusukan benda tajam yang kotor. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menganjurkan agar vaksin tetanus wajib diberikan pada anak-anak dan orang dewasa guna mencegah terjadinya penyakit yang mematikan ini.

Vaksin TD (tetanus dan difteri) atau TDAP (tetanus, difteri, pertusis) merupakan vaksin lanjutan dan diberikan sebagai dosis keenam dan ketujuh, Vaksin TD juga dapat diberikan pada anak di atas usia 10 tahun dan orang dewasa yang belum pernah menerima vaksin tetanus sebelumnya. Pada orang yang belum pernah mendapatkan vaksin tetanus sebelumnya, vaksin TD atau tdap diberikan 1 kali dengan dosis pemberian vaksin TD ulang setiap 10 tahun.

About sherli henika

Check Also

Sertijab Kepala Sekolah SDN 37 Kota Bengkulu

Spread the love       Serah terima jabatan kepala Plh.Sekolah di hadiri oleh Kasubbag umum Nopian Susanto, S.Kom …