Kamis , 28 Oktober 2021
Home / Berita / Simulasi dan Sosialisasi Asesmen Nasional untuk Meningkatkan Penilaian dan Kompetensi Semua Murid

Simulasi dan Sosialisasi Asesmen Nasional untuk Meningkatkan Penilaian dan Kompetensi Semua Murid

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Plt.Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Nopri Walihan, S.Pd., MM menghadiri dan membuka secara resmi Sosialisasi dan simulasi asesmen nasional di SD Negeri 77 Kota Bengkulu. Kamis, 14 Oktober 2021.

Kegiatan sosialisasi yang akan berlangsung selama 2 hari dari 14-15 Oktober 2021 yang menghadirkan Narasumber Langsung dari Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Yurnaningsi, S.Pd., M. Pd. Selaku Pengawas Pembina SD Disdik.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.

Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur akan literasi membaca dan literasi matematika atau numerasi kompetensi yang dinilai cukup keterampilan berpikir logis sistematis keterampilan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari serta keterampilan memilih mengelola informasi menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimiliki.

Apa itu Asesmen kompetensi minimum (AKM)  banyak sekali kebijakan-kebijakan asessmen nasional yang telah dijelaskan oleh menteri pendidikan Nadiem Makarim dengan level pembelajaran dari level 1 hingga level 6 artinya mencakup dari sekolah dasar SD hingga sekolah menengah.

Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami menggunakan mengevaluasi merefleksikan sebagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Pedoman pembelajaran untuk guru dan siswa tersedia lebih dari 400 contoh soal yang dapat digunakan oleh guru maupun siswa secara langsung.

Melalui Aplikasi ANBK pusmenjar, langkah pertama pilih materi literasi atau numerasi pilih jenjang pendidikan lalu Ok

Lalu akan masuk ke ke laman login dengan memasukkan username dan password masing-masing.
Lalu ditujukan ke laman konfirmasi data peserta pilih jenis kelamin ketik nama peserta pilih tanggal lahir ketik token (ada di kiri atas).
Lalu Submit.

About sherli henika

Check Also

Sosialisasi Bantuan Operasional Pendidikan BOP Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Bengkulu Tahun 2021 Tahap 2

Spread the love       Kegiatan sosialisasi Bantuan Operasional pendidikan bop tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) Kota …