Kamis , 28 Oktober 2021
Home / Berita / Tenaga Pendidik Kota Bengkulu siap Hadapi Asesmen Nasional

Tenaga Pendidik Kota Bengkulu siap Hadapi Asesmen Nasional

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Plt.Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Nopri Walihan, S.Pd., MM menghadiri Sosialisasi Asesmen Nasional bersama K3S dan seluruh kepala sekolah SD Negeri dan Swasta Se-Kota Bengkulu Bersama Narasumber dari Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Pengawas SD Yurnaningsi, S.Pd., M.Pd, Jumat 01 Oktober 2021 di SD Negeri 11 Kota Bengkulu.

Saat pemaparan Yurnaningsi menyampaikan “Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil pelajaran murid yang berdasarkan “Literasi” “Numerasi” dan “Karakter” serta kualitas proses belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. “Sampainya.

Asesmen nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan, assesmen dirancang untuk menghasilkan informasi akurat serta memperbaiki kualitas belajar mengajar siswa.

“Asesmen Nasional tidak menentukan kelulusan UN. Asesmen diberikan kepada murid bukan di akhir jenjang satuan pendidikan, asesmen nasional juga tidak digunakan untuk penilaian peserta didik, Hasil Asesmen Nasional tidak akan memuat skor atau nilai peserta didik secara individual, untuk kelulusan peserta didik merupakan kewenangan pendidik dan satuan pendidikan” tegas Yurnaningsi.

Asesmen nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan  menengah di seluruh Indonesia, serta program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM di tiap satuan pendidikan nasional akan diikuti oleh sebagai peserta didik kelas V untuk SD kelas VIII untuk SMP dan XI untuk tingkat SMA.

Saat sambutan Plt.Kepala Dinas pendidikan sampaikan Tetap berjaga-jaga dan melakukan kewaspadaan dengan mematuhi protokol kesehatan saat melakukan Asesmen Nasional, jangan lengah dalam protokol kesehatan,  tetap gunakan masker menjaga jarak mencuci tangan dengan air mengalir dan memakai handsanitizer jangan sampai menimbulkan cluster baru pandemi Covid-19.

“Nopri juga sampaikan ke seluruh kepala sekolah dan k3S agar mempersiapkan siswa yang umur diatas 12 tahun untuk segera divaksinasi guna melancarkan pengurusan kelanjutan Sekolah menengah” Sampai Nopri.

Ia juga tambahkan jangan sampai salah dalam pemanfaatan teknologi media sosial dan jangan salah dalam mengartikan pendidikan dunia digital, seperti menggunakan aplikasi tiktok untuk membuat video yang tidak layak di konsumsi publik, diharapkan agar seluruh kepala sekolah untuk dapat menyampaikan ke guru-guru, dan staf jangan sampai salah dalam memanfaatkan media sosial tutur Nopri.

Nopri sampaikan sejauh ini sudah dilaksanakan persiapan oleh setiap sekolah untuk menghadapi Asesmen Nasional dari persiapan jaringan dan beberapa perlengkapan fasilitas komputer serta untuk beberapa sekolah yang tidak memiliki fasilitas kelengkapan seperti komputer untuk menghadapi Asesmen kita mengambil kebijakan untuk menumpang ke sekolah yang memiliki fasilitas lengkap agar tetap mengikuti Asesmen Nasional sampainya saat di wawancarai.

“Asesmen nasional akan dilaksanakan untuk tingkat SMP 4 Oktober 2021 dan SD 8 November Mendatang” Tutup Nopri.

About sherli henika

Check Also

Sosialisasi Bantuan Operasional Pendidikan BOP Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Bengkulu Tahun 2021 Tahap 2

Spread the love       Kegiatan sosialisasi Bantuan Operasional pendidikan bop tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) Kota …