Jumat , 7 Mei 2021
Home / Berita / Uji Coba Asesmen Akademik dan Non Akademik Telah Dilaksanakan

Uji Coba Asesmen Akademik dan Non Akademik Telah Dilaksanakan

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tanggal 5-7 April kemarin telah di adakan uji coba Asesmen Akademik dan Non Akademik, uji coba ini bertujuan untuk mempersiapkan pelaksanaan Asesmen Nasiona yang akan di adakan pada September dan Oktober 2021 mendatang.

Kegiatan ANBK ini di persiapkan oleh pusmenjar kemendikbud dari sarana prasarana dan dana pelaksanaan, hanya saja pelaksaannya yang dilaksanakan di kota Bengkulu.

  

Pelaksanaan uji coba asesmen akademik dan non akaademik ini dilakukan uji coba secara mandiri di Indonesia, ada 2 daerah diantaranya, 45 sekolah dilaksanakan di kota Bengkulu dan 45 sekolah di kota Bandung.

Sekolah yang mengikuti dari 45 sekolah terdapat 2 sekolah SD yaitu SD 26 dan SD 69 menggunakan Chromebook dan 43 sekolah lainnya menggunakan perangkat IT persis seperti pelaksanaan Asessment Nasional, dan untuk pelaksanaan Asesment 2021, kodenya menggunakan ANBK (Asesment nasional Berbasis Komputer) bukan UBKD (Ujian Berbasis Komputer Daring) lagi.

Pelaksaan uji coba ini sukses dilaksanakan dan diikuti oleh 45 sekolah yang telah di tentukan.

Hari pertama uji coba dilakukan oleh kelas 4 SD meskipin ada beberapa siswa yang tidak berhasil untuk login ke aplikasi ANBK,  hari kedua dilajutkan dan pelaksaan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan, dan di hari ketiga terjadi Kendala pada aplikasi dan itu dikarnakan soal belum terupdate oleh pusmenjar sehingga Uji Coba Tidak dapat dilaksanakan. Dan ini bukan kesalahan sekolah ataupun dinas pendidikan.

Dalam pelaksaan uji coba asesmen yang diadakan pusmenjar, kota Bengkulu dan dibawah pengawasan kepala Dinas yang sangat antusias sehingga berhasil melaksanakan uji coba Asesment tersebut.

Dengan harapan dari jajaran Dinas Pendidikan kota Bengkulu bahwa dengan adanya uji coba tersebut kita semua sudah mencoba aplikasi aplikasi yang kita punya, maka di harapkan untuk seluruh sekolah yang akan menempuh asesmen agar memaksimalkan pemanfaatan sarana dan prasaran yang telah di siapkan, dengan tujuan agar di saat pelaksaan Asesmen Nasional mendatang, dengan factor dan pengalaman yang ada kita sudah terbiasa dalam penggunaan perangkat perangkat ANBK tersebut.

Karna dalam beberapa waktu kedepan kita sudah mulai bergerak, awal bulan Mei akan ada simulasi dan pra Asesmen Nasional di bulan berikutnya, pada bulan September dan Oktober mendatang akan di laksanakan Asesmen Nasional jadi mau tidak mau semua sekolah harus ikut berkalaborasi untuk menggunakan perangkat perangkat ANBK yang ada. Jangan sampai masih ada yang belum mengenal dan belum terbiasa dengan perangkat ANBK.

Persiapan asesmen untuk di kota Bengkulu sejauh ini menyangkut sarana dan prasarana dari sumber daya manusia yaitu tim teknis, proktor baik tingkat SD maupun SMP secara keseluruhan sarana prasarana ini masih kita kalkulasi dan sebelum pelaksaan akan ada pemantauan secara langsung. Asesmen di tahun ini ada 2 sesi di setiap harinya online dan ofline, dan memang kita anjurkan untuk melaksanakan secara online.

Saat ini kami memang lagi memerhatikan kendala yang memicu dari beberapa sekolah untuk menempuh ANBK yaitu memicu pada sarana dan prasarana (Laptop), selain itu persiapannya sudah di dukung, tinggal nanti tunggu, dan akan ada pemantauan penentuan, apakah dengan cara bergantian, meminjam ataupun dilaksanakan secara ofline/online. Huteman Mulyadi melaporkan.

 

About sherli henika

Check Also

Surat Edaran Nomor : 800/886/II.BKPP/2021 Tentang Ketentuan dan Persyaratan Usul Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu

Spread the love       Surat Edaran Nomor : 800/886/II.BKPP/2021 Tentang Ketentuan dan Persyaratan Usul Kenaikan Pangkat Pegawai …