Jumat , 24 September 2021
Home / Berita / WHATSAPP (WA), GOOGLE CLASSROOM DAN ZOOM MEETING ALTERNATIF PEMBELAJARAN DARING DI SMPN 13 KOTA BENGKULU SEMESTER 2 TAHUN 2020/2021

WHATSAPP (WA), GOOGLE CLASSROOM DAN ZOOM MEETING ALTERNATIF PEMBELAJARAN DARING DI SMPN 13 KOTA BENGKULU SEMESTER 2 TAHUN 2020/2021

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Setelah munculnya wabah Covid-19 di belahan bumi, termasuk nusantara, sistem pendidikan pun mulai mencari suatu inovasi untuk proses kegiatan belajar mengajar. Terlebih adanya Surat Edaran no. 4 tahun 2020 dari Menteri Pendidikan dan kebudayaan yang menganjurkan seluruh kegiatan di institusi pendidikan harus jaga jarak dan seluruh penyampaian materi akan disampaikan di rumah masing-masing.

Memakai pernyataan dari bapak menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makariem, bahwa belajar daring tidak hanya dengan cara on line saja tetapi ada yang melakukannya dengan penugasan  maka ada yang mengirim, dikirim, diantar, mengantar, ada email atau melalui internet, pada praktik pelaksanaannya diatur oleh daerahnya masing masing yang paham akan situasi kondisi dan lokasi daerahnya masing-masing, sehingga dalam hal ini guru yang masih gagap teknologi mulai belajar keluar dari zona merahnya. Pembelajaran dengan model daring ini juga dapat menentukan mana pembelajaran yang cocok diterapkan di sekolahnya dan mana yang tidak cocok, mana yang baik dan mana yang kurang baik dilaksanakan di sekolahnya masing masing.

Berdasarkan pernyataan di atas dan pengalaman pada semester satu tahun 2020/2021 yang lalu, maka beberapa bentuk inovasi  pembelajaran daring yang dilaksanakan di SMPN 13 Bengkulu dapat dijelaskan seperti di bawah ini.

Guru-guru saat ini sudah semakin kaya dengan berbagai alternatif media atau platform yang bisa digunakan. baik yang sederhana, maupun platform yang lebih canggih. Misalnya, what’sapp, google class room, zoom meeting dan masih banyak yang lain.

WhatsApp (WA) merupakan aplikasi favorit yang dapat dilaksanakan oleh guru-guru di SMPN 13 Kota Bengkulu. Sebab WA sudah sangat familier penggunaannya di kalangan guru. WA menyajikan beberapa fitur yang menarik serta mudah pengoperasiannya. Fitur-fitur tersebut meliputi penyampaian pesan perorangan, penyampaian pesan dalam grup, melampirkan video, melampirkan foto, melampirkan file dalam bentuk pdf ataupun word, panggilan suara dan video konferensi. Serta mengirimkan pesan suara dan WA relatif lebih murah jika dibandingkan aplikasi yang lain. Ketika pembelajaran daring dimulai, guru juga mulai mencari cara yang cocok dan mudah untuk digunakan, ketika harus menyampaikan materi dan penugasan kepada peserta didik. Awalnya, materi yang diberikan oleh guru berupa ringkasan-ringkasan materi yang diberikan pada peserta didik berupa foto untuk kemudian dipelajari. Jika ada materi yang dirasa belum jelas, maka dibukalah forum tanya jawab pada WA grup kelas yang telah ada.

Sedangkan untuk penugasan pada materi tertentu baik berupa latihan soal, membuat ringkasan materi maupun membuat laporan praktikum akan dikirimkan oleh peserta didik lewat WA, email maupun melalui aplikasi Google Classroom. Ternyata setelah dievaluasi, pembelajaran daring menggunakan WA juga bersifat efektif. Dilihat dari tingkat respon peserta didik memberi tanggapan dalam waktu yang tidak terlalu lama dan dari tanggapan peserta didik ketika mengerjakan dan mengumpulkan tugas. Sebagian besar sesuai dengan waktu yang ditentukan. Hanya saja kelemahannya jika banyak tugas peserta didik yang dikirimkan lewat aplikasi WA maka menyebabkan memori yang ada di HP cepat penuh. Akibatnya HP lambat bekerja. atau

  1. Chat WhatsApp

Memasuki semester 2 tahun 2020/2021, selain aplikasi WA sebagian guru-guru di SMPN 13 Kota Bengkulu juga sudah mulai akrab dengan aplikasi Google Classroom. Namun, untuk sebagian siswa baru yang mungkin belum familiar dengan Google Classroom. Untuk pengguna baru, ia menyerankan dapat mendaftarkan diri di classroom.google.com, membuat kelas, dan membagikan kode kelas kepada siswa-siswanya. Kemudian setelah semua siswa masuk ke kelas, bisaoom mengirimkan tugas disertai dengan info-info penting untuk penugasan seperti; batas waktu pengumpulan tugas, sistem penilaian dsb.

  1. Google classroom

Aplikasi yang lain dipakai oleh guru-guru di SMPN 13 yaitu zoom meeting. Zoom Video konferensi tetap bisa menghubungkan guru-guru dengan peserta didik dalam belajar mengajar. Kelebihan Zoom ini bisa digunakan untuk 100 partisipan dan gratis 40 menit video konferensi, kualitas suara bagus dan bisa merekam keseluruhan sistem belajar mengajar terhadap seserta didik. Guru bisa mengajar 1 kelas sampai 3 kelas dalam sekali mengajar secara bersamaan dan bisa mengabsen peserta didik secara langsung. Cara mendaftar atau mengunduh aplikasi ini sangat mudah seperti kita mengunduh WA yang sudah familier sebelumnya. Namun, zoom meeting ini tidak bisa dikasanakan setiap hari, karena seorang guru juga perlu mempertimbangkan kuota internet siswa.

  1. Zoom Meeting

beberapa bentuk inovasi  pembelajaran daring yang akan dilaksanakan pada semester 2 tahun 2020 2021 di SMPN 13 Kota Bengkulu. Sebenarnya masih banyak inovasi pembelajaran daring yang lain. Namun, karena berbagai keterbatasan, maka guru-guru di SMPN 13 Kota Bengkulu hanya memilih ketiga bentuk di atas.

About sherli henika

Check Also

Sertijab Kepala Sekolah SDN 37 Kota Bengkulu

Spread the love       Serah terima jabatan kepala Plh.Sekolah di hadiri oleh Kasubbag umum Nopian Susanto, S.Kom …